Kesehatan

Trend Sepeda Kembali lagi, Waspadai di Masa Pandemi Ini

Share to

Di masa pandemi ini, masyarakat mulai meningkatkan kesadarannya dalam hal kesehatan. Seperti halnya bersepeda yang dapat menjadi alat transportasi dan sebagai alat kesehatan. Meskipun bersepeda itu merupakan hal yang menyenangkan dan menyehatkan. Bersepeda dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan apabila tidak menyiapkan kondisi badan yang prima.

Banyaknya orang yang berolahraga ternyata belum diimbangi dengan pengetahuan yang baik. Padahal edukasi mengenai etika bersepeda yang aman bagi pemula sangat penting, di saat banyak orang mulai menggemari olahraga. Bagi pemula yang baru memulai berolahraga ada step-step tertentu yang penting diperhatikan. Seperti tidak memaksakan diri saat pertama kali berolahraga. Sebab apabila memaksakan diri terlalu berat justru dapat membahayakan bagi kesehatan.

Selain hal itu, faktor etika dan pelindung diri seperti helm juga sangat penting. Hal itu untuk menghindari kecelakaan. Jadi jangan sampai menghindari corona dengan bersepeda tapi justru masuk rumah sakit karena kecelakaan, bukan karena virus.

Masker

Bersepeda disaat pandemi ini mewajibkan kita untuk tetap menggunakan masker dalam bersepda, penggunaan masker yang tebal saat bersepeda idealnya tidak bisa diteapkan untuk berolahraga dengan intensitas berat. Oleh karena itu, kita harus dapat mengukur kemampuan ketahanan tubuh dan jika bersepeda mulai terasa berat maka intensitasnya harus diturunkan. Apalagi penggunaan dengan masker yang standar, asupan udara yang dibutuhkan paru-paru dan otak bisa-bisa tidak tercukupi.

Patuhi Protokol Kesehatan

Meski bisa dikatakan lebih aman dibandingkan penggunaan angkutan umum bersepeda tetap saja perpotensi terpapar virus jika tidak melindungi diri dari penyebarannya, dengan cara :

  1. Memilih rute bersepeda yang sepi sehingga dapat meminimalisir pertemuan orang banyak.
  2. Tetap menggunakan masker, membawa Air minum dan handsanitizer.
  3. Tetap hindari kontak fisik/menjaga jarak saat bersepeda secara berkelompok ataupun saat beristirahat dengan kelompoknya.
  4. Langsung mencuci tangan, mandi dan mengganti pakaian setelah melakukan aktivitas diluar rumah

Penyakit Tertentu

Orang dengan penyakit tertentu harus memperhatikan kebutuhan fisiknya, jangan sampai dehidrasi yang berlebihan. Terlebih, di tengah pandemi saat ini di mana wajib menggunakan masker yang dapat mengurangi efisiensi pernapasan. Resiko terparahnya bagi orang dengan penyakit tertentu dapat memicu kembali penyakit yang diderita, seperti Asma hingga Serangan Jantung. Sehingga olahraga bersepeda dengan intensitas tinggi tidak dianjurkan. Tak hanya itu, tidak dianjurkan bersepeda dengan intensitas berat. Terutama bagi pria, bersepeda dalam durasi yang lama (lebih dari 4 jam) sebaiknya menggunakan sadel yang aman karena kemungkinan terjadi peningkatan suhu di sekitar daerah reproduksi yang dapat menurunkan produksi sel sperma.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments